ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita MENYATU DENGAN ALAM DAN BELAJAR MELALUI KEGIATAN OUTDOOR EDUCATION SMP ITUS TAHUN 2022

MENYATU DENGAN ALAM DAN BELAJAR

MELALUI KEGIATAN OUTDOOR EDUCATION SMP ITUS TAHUN 2022

Pendidikan karakter penting artinya sebagai penyeimbang kecakapan kognitif. Membangun karakter siswa merupakan hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi karena sejalan dengan tujuan pemerintah yang ingin membentuk manusia Indonesia seutuhnya yaitu dengan memberikan pendidikan karakter pada anak didik. Hal ini yang mendasari dilaksanakannya kegiatan outdoor education di SMP ITUS.

Menurut ketua pelaksana, Oom Komariah, S.Pd.i.,M.M., kegiatan outdoor education ini diselenggarakan dari mulai tanggal 23 – 30 Mei 2022 yang diikuti seluruh siswa SMP ITUS kelas 7 dan 8. Dari kegiatan ini hasil yang diharapkan adalah siswa bisa lebih berperan aktif di lingkungan sosial, kreatif dan berinovasi dalam hal apapun dan mendidik para siswa untuk menumbuhkan budi pekerti di diri mereka masing-masing dari hal terkecil yaitu tanggung jawab dan bersosial dengan sesama teman.

Kegiatan ini tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, perhatian, tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku. Proses pembelajaran menggunakan alam sebagai media dipandang sangat efektif dimana setiap orang akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Pendekatan ini mengasah aktivitas fisik dan sosial anak dimana anak akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang secara tidak langsung melibatkan kerjasama antar teman dan kemampuan berkreasi.

                Kegiatan ini pun bekerja sama dengan beberapa pihak, diantaranya PMI Kabupaten Kuningan. Salah satu pemateri dari PMI, Amat Supriatna, S.Pd, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan outdoor education ini siswa menjadi lebih tahu dan mengenal apa peranan dan fungsi PMI pada masyarakat dan kehidupan manusia. Pada penjelasan materi kali ini PMI menyampaikan tentang golongan darah dan transfusi darah serta apa saja manfaat ketika donor darah, selain membantu orang lain donor darah juga membuat tubuh kita stabil dari peredaran darahnya. Dan yang paling penting itu bagaimana kita menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat sehingga berpengaruh pada kualitas golongan darah kita.

Menurut Repa Lutfia Sukmawati, salah satu siswa SMP ITUS berpendapat bahwa kegiatan ini  mengasyikan, menarik dan bisa belajar menjadi pribadi yang mandiri dan mampu berkreasi sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini akan menjadi bekal kita nanti ketika sudah dewasa, bagaimana belajar tanggung jawab, menjadi pemimpin, bersosial dengan sesama dan menghargai alam.

Dengan konsep-konsep interaksi antara siswa dengan alam, melalui kegiatan simulasi di alam terbuka, diyakini dapat memberikan suasana yang kondusif untuk membentuk sikap, cara berpikir, dan persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta guna membentuk rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi, dan kepekaan yang mendalam, yang pada harapnya akan mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru dalam kehidupannya.

Salam ITUS Juara !