Home / News / YUS : Berdoa Untuk Para Pahlawan 10 November 1945

YUS : Berdoa Untuk Para Pahlawan 10 November 1945

12830_original
Foto :Bung Tomo, pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA/dok.ITUS

ITUS Juara – 10 November, menjadi hari bersejarah yang wajib dikenang oleh seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia, pasalnya pada tanggal 10 November 1945 dahulu terjadi peristiwa besar  yakni, perang antara pihak tentara   Indonesia  dan pasukan   Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi  di Kota SurabayaJawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Salah satu peristiwa peperangan terjadi  di Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya. Bermula dari kedatangan tentara Sekutu yang tergabung dalam Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) ke Surabaya, untuk melucuti senjata tentara Jepang.  Mereka kemudian bermarkas di Hotel Yamato di Jalan Tunjungan Surabaya, yang kini berubah nama menjadi Hotel Majapahit.

Tanpa seizin arek-arek Surabaya, AFNEI justru mengibarkan bendera Belanda yang berwarna merah, putih dan biru pada 18 September 1945.

Itu menyulut kemarahan pemuda sehingga mereka berkumpul untuk menurunkannya. Perundingan yang dilakukan pemuda dengan tentara Belanda tak membuahkan hasil. Bahkan seorang Belanda bernama Ploegman tewas dicekik oleh pemuda bernama Sidik.

Sidik kemudian tewas akibat diberondong peluru. Mendengar suara tembakan, pemuda lainnya langsung ke luar dari hotel. Tiga orang di antaranya, yakni Hariyono, Sudirman dan Kusno Wibowo berhasil merobek warna biru pada bendera yang dikibarkan Belanda. Setelah hanya berwarna merah putih, mereka kemudian mengibarkannya lagi.

Pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya, menyimpan cerita kelam sekaligus membanggakan, dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ribuan orang tewas dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

Banyak persitiwa bersejarah dahulu nenek moyang kita berjuang untuk kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus wajib menghormati & mengingat jasa mereka dengan mengheningkan cipta seraya berdoa untuk mereka pahlawan bangsa.

Penulis : Tim Web YUS

Editor : Manx & Dms

About admin

Check Also

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

ITUS Juara – Menjadi hari paling berbahagia bagi keluarga Besar Yayasan Umar Sjarifuddin (YUS) khususnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *