ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita SISWA SMP-SMA ITUS ANTUSIAS IKUTI KEGIATAN KHUSYUK RAMADHAN
Siswa SMP-SMA ITUS Antusias Ikuti Kegiatan Khusyuk Ramadhan

ITUS Kuningan –  Seluruh Siswa SMP dan SMA ITUS Kuningan mengikuti kegiatan Khusyuk Ramadhan mulai 13-15 Mei 2020. Kegiatan yang bertemakan ‘Religius and Fun’ ini, diselenggarakan oleh pihak sekolah baik itu SMP dan SMA serta Asrama ITUS.

Kepala SMP ITUS, Nono Sodikin SPd mengatakan, Khusyuk Ramadhan adalah program keagamaan SMP, SMA dan Asrama ITUS yang dilaksanakan secara online sebagai kegiatan pengganti Itikaf Ramadhan yang rutinitas dilaksanakan setiap tahun.

Program ini, lanjut Nono, bersifat wajib untuk dilaksanakan seluruh siswa. “Tujuannya yaitu untuk mencetak generasi islami yang beradab dan berakhlak mulia dan belajar meningkatkan kekhusyukan ibadah di bulan Ramadhan,” ujar Nono, Rabu (19/5/2020).

Khusyuk Ramadhan masih kata Nono, diisi oleh tahfidz, muroja’ah, kultum, hafalan doa, shalat wajib, shalat sunnah dan yang lainnya. Selama kegiatan, siswa di monitoring oleh pembimbing atau mentornya dari guru dan wali kelas.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan berkah untuk semuanya. Kami berharap, hal-hal positif dari kegiatan ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Hal senada dikatakan Kepala SMA ITUS, H Ade Ganjar SAg. Ade menambahkan bahwa Kegiatan Khusyuk Ramadhan dilaksanakan terjadwal setiap harinya dari mulai shalat tahajud, shalat subuh, shalat dhuha, tadarus pagi, shalat dzuhur, shalat ashar, tadarus sore, kultum, shalat magrib, shalat isya, shalat tarawih, diskusi keagamanaan dan materi-materi keagamaan.

“Beberapa kegiatan dilakukan secara online. Tetapi, untuk shalat, teknisnya siswa memberikan laporan kegiatan. Sementara, kegiatan Khusyuk Ramadhan untuk guru adalah shalat tasbih yang dilakukan serempak dan tadarus Al-Qur’an,” beber Ade.

Sementara itu, Kepala Asrama ITUS, Diding Juanda SE mengungkapkan, guru, pembimbing maupun santrinya sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan Khusyuk Ramadhan.

“Semoga apa yang didapatkan dalam program Khusyuk Ramadhan tahun ini bisa menjadi bekal sampai di Ramadhan tahun berikutnya,” harapnya. (Admin)