Home / News / Selamat Hari Guru Nasional, 25 November 2015

Selamat Hari Guru Nasional, 25 November 2015

hari_guru.transformed

Hari ini, 25 November adalah hari yang bersejarah, yaitu Hari Guru Nasional. Hari ini harus diingat, karena mengingat perjuangan guru di masa penjajahan begitu penuh semangat yang berkobar walaupun mereka tak dibayar. Wajar bila guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa,  mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya dengan ikhlas, tanpa pamrih, walau peluh kelelahan bercucuran.

selamat-hari-guru-nasionalGuru yang setia dan sabar mengajari muridnya hingga bisa membaca, menulis dan menghitung tak pernah merasa bosan. Jaman dulu guru tak seenak jaman sekarang, kadang harus berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh untuk mencapai ke sekolah. Jalan bebatuan yang terjal tak menghalangi niatnya untuk mengajarkan kebaikan. Guru sama saja seperti para Da’I, karena mengajak dan menyeru kebaikan ke jalan yang benar. Apalagi guru Pendidikan Agama Islam. Mereka senantiasa menasehati muridnya untuk selalu berbuat baik, mengajarinya mengaji, shalat dan puasa, serta ibadah-ibadah yang diperintah AllahSubhana Wa Ta’ala.

Sejarah Hari Guru Nasional

Sebagai Muslim Indonesia, harus mengetahui sejarah Hari Guru Nasional. Supaya tahu bagaiamana Hari Guru ini bisa diperingati setiap tahunnya. Persatuan Guru Republik Indonesia lahir pada 25 November 1945. Awalnya, organisasi ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri pada 1912 di masa penjajahan. Kemudian, pada 1932, namanya berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Persatuan Guru Hindia Belanda atau Persatuan Guru Indonesia ini terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan penilik sekolah. Umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat. Organisasi guru ini ternyata berkembang menjadi beberapa organisasi lainnya, seperti organisasi guru bercorak keagamaan, kebangsaan dan lain-lain.

Pada masa penjajahan Jepang semua organisasi dilarang, sekolah ditutup dan akhirnya Persatuan Guru Indonesia (PGI) tak bisa lagi beraktivitas. Namun, setelah Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI pada  17 Agustus 1945, PGI kembali berkiprah dan berhasil mengadakan Kongres Guru Indonesia untuk yang pertama kalinya, pada 24-25 November 1945. Melalaui kongres ini, disepaekati  segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Di dalam kongres inilah, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan. Ssalah satu tujuannya adalah mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan. Dan sebagai penghormatan kepda guru, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

About admin

Check Also

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

ITUS Juara – Menjadi hari paling berbahagia bagi keluarga Besar Yayasan Umar Sjarifuddin (YUS) khususnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *