Home / News / Sekolah Islam Kuningan, Rutin Gelar Muhasabah

Sekolah Islam Kuningan, Rutin Gelar Muhasabah

muhasabah itus
Foto : Ketua MUI Kabupaten Kuningan K.H. Aziz Anbar Nawawi/dok.ITUS

ITUS Juara – Senin, 23 Januari 2017, SMP dan SMA ITUS Kuningan menggelar acara rutin kerohanian yaitu muhasabah yang dibalut dalam tema “Menjunjung Tinggi Aqidah Islam Sejati”. Hadir sebagai pemateri adalah K.H. Aziz Anbar Nawawi, beliau adalah Ketua MUI Kabupaten Kuningan. Acara yang dikhususkan untuk siswa SMP kelas IX dan siswa SMA kelas XII ini dibuka oleh Dudy Pamuji, S.E. selaku Ketua Yayasan ITUS dan dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta para guru dan staf SMP-SMA ITUS Kuningan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak serta merta memberi dampak baik dalam kehidupan manusia tanpa mengedepankan nilai-nilai agama, budaya, dan sosial kemasyarakatan dalam setiap pribadi individunya. Pendidikan aqidah Islam menjadi sangat penting bagi para siswa agar tercipta insan yang berakhlak baik, berbudi pekerti luhur, berkarakter dan bertanggung jawab. Hal tersebut yang menjadi landasan divisi kerohanian SMP-SMA ITUS menggelar muhasabah ini sebagai bentuk aplikasi dari program sekolah yang berbasis agama, kearifan budaya lokal, teknologi dan informatika.

Dalam amanatnya, K.H. Aziz Anbar Nawawi mengatakan bahwa aqidah Islam yang sebenarnya adalah bersumber dari pendiri agama Islam itu sendiri yaitu Nabi Muhammad SAW. Akhlak Rasulullah SAW seutuhnyalah aqidah yang paling utama dan paling pantas menjadi suri tauladan oleh seluruh umat manusia di muka bumi seperti yang tertulis di dalam Al-quran:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا 

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu uswatun hasanah (suri teladan yang baik) bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”(QS. Al-Ahzaab: 21).

Beliau juga menekankan bahwa aqidah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah aqidah yang diperuntukkan untuk semua kalangan dan tidak terjebak dengan perdebatan masalah teologis yang membingungkan. Sehingga Aqidah Islam dapat didefenisikan yaitu meyakini seyakin-yakinnya dan mengikuti segala ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan baik melalui Akhlak atau petunjuk Beliau dari Al-qur’an dan Al-hadits.

Di bagian akhir, acara ditutup dengan diskusi K.H. Aziz Anbar Nawawi dengan para siswa. Nampak antusias siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan dari mulai permasalahan  pribadi dan meminta solusi, permasalahan yang menyangkut kemasyarakatan, hingga ke permasalahan sosial politik. Sebagai sekolah Islam terpadu, aqidah Islam adalah salah satu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum SMP-SMA ITUS. Dengan menghadirkan salah satu tokoh pemuka agama yang kompeten dalam muhasabah ini, secara langsung sudah menciptakan sebuah metode pengajaran yang tepat dan menyenangkan sesuai dengan tujuan kurikulum pendidikan.

Penulis   : Tim Kreatif YUS

Editor     : Manx & DMS

About admin

Check Also

H umar & Hj Entin

Tasyakur Ulang Tahun Pernikahan Emas Pembina Utama Yayasan Umar Sjarifuddin

ITUS Juara – 50 tahun pernikahan Drs. H. Umar Sjarifuddin dan Ibu Hj. Entin suhartini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *