Home / Sambutan Ketua Yayasan

Sambutan Ketua Yayasan

direktur

Sebuah ide untuk mewujudkan sebuah impian Drs. H. Umar Sjarifuddin berawal dari sebuah Pentas Seni dan Dakwah yang ditampilkan oleh anak-anak Desa Peusing Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2001, yang tergabung dalam sebuah Taman Pendidikan Anak (TPA) SALSABILA dalam sebuah acara Ulang Tahun salah satu Bank terkemuka di Jawa Barat.

Melalui beberapa musyawarah antara Drs. H. Umar Sjarifuddin, pengasuh TPA SALSABILA H. Ifan Gunawan, S.Kom serta beberapa tokoh masyarakat diantaranya H. Adiman dan H. Irod Sudirman, akhirnya disepakati untuk membentuk suatu yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan umum yang bernuansa Islami.

Pilihan tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya : (1) Berdirinya lembaga pendidikan yang memiliki kualitas pendidikan yang dapat dibanggakan di Desa Peusing tempat kelahiran Drs. H. Umar Sjarifuddin. (2) Untuk melahirkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kemampuan baik secara lahir maupun batin sehingga dapat diandalkan dalam persaingan dimasa-masa yang akan datang. (3) Mewujudkan sebuah cita-cita mulia Drs. H. Umar Sjarifuddin dimasa kecil untuk ikut andil dalam usaha mencerdaskan bangsa melalui ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan iman dan  taqwa kepada Allah SWT.

Tiga pertimbangan itulah yang membidangi lahirnya sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan. Selanjutnya pada tahun 2002 berdirilah Yayasan Umar Sjarifuddin.

Kiprah awal Yayasan ini, membentuk lembaga pendidikan secara terpadu antara SMP dan SMA ITUS. Sementara pendidikan agama diwujudkan didalam maupun diluar sekolah dengan mempelajari dasar-dasar agama Islam. Keterpaduan pendidikan formal dan informal diharapkan mampu menjadi pilihan alternatif bagi orang tua siswa dalam memilih sekolah yang akan dijadikan mitra untuk pendidikan putra-putrinya.

Perjalanan demi perjalanan Yayasan Umar Sjarifuddin terus berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pendidikan, prestasi dan penghargaan dari berbagai jenis semakin membuktikan eksistensi keberadaannya sebagai penyelenggara pendidikan.

Akhirnya dengan lahirnya web ITUS www.ituskuningan.sch.id kami sampaikan semoga kiprah Yayasan Umar Sjarifuddin ke depan semakin memunculkan jati dirinya sebagai penyelenggara pendidikan  yang berkualitas dan senantiasa terpatri dalam sanubari dunia pendidikan.

One comment

  1. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT bahwa atas berkatnya kita senantiasa mendapat limpahan rahmat dan keridoan-Nya sehingga lembaga Widyatama terus berkembang maju dan memberi kontribusi bagi masyarakat dan dunia pendidikan. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada para orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan pendidikan putera puterinya di Universitas Widyatama yang diselenggarakan Yayasan Widyatama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *