Home / News / Memaknai Hari Pahlawan, Di Yayasan Umar Sjarifuddin

Memaknai Hari Pahlawan, Di Yayasan Umar Sjarifuddin

logo-hari-pahlawan-2016ITUS Juara –  10 November, Pemerintah Indonesia menjadikannya sebagai hari pahlawan dan tepat hari ini. Tanggal 10 november 2016 seluruh rakyat Indonesia tengah mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejarah singkat mengenai 10 November dilatarbelakangi pertempuran Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda di kota Surabaya pada tanggal 1 November 1945. Dalam pertempuran kurang lebih satu bulan. Banyak pejuang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itu, sehingga kota Surabaya dikenang sebagai kota Pahlawan.

Yayasan Umar Sjarifuddin (YUS) merupakan badan penyelenggara SMP dan SMA iTUS tentunya dapat memaknai kepada generasi muda bangsa ini bahwa hakekatnya 10 November adalah untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa kita. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggan”.

“Dulu para pejuang kita berperang melawan penjajah dengan menggunakan senjata, sekarang kita melanjutkan perjuanganya tentunya tidak lagi dengan senjata melainkan dengan berjuang mengajarkan dan mendidik putra dan putri bangsa yang pintar dan cerdas dengan akhlak (karakter) yang baik sehingga dapat meraih cita-cita yang dapat membanggakan bangsa ini dan dapat menjauhi hal-hal buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain”.

Penulis : Tim Web YUS

Editor : Manx & DMS

About admin

Check Also

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

ITUS Juara – Menjadi hari paling berbahagia bagi keluarga Besar Yayasan Umar Sjarifuddin (YUS) khususnya ...

One comment

  1. Sebagai bangsa yang beradab, kita wajib menghormati para pahlawan kita yang gugur memerdekakan bangsa indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *