ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita MATEMATIKA TIDAK BISA DITINGGALKAN
Matematika Tidak Bisa Ditinggalkan

Matematika sudah tidak asing lagi bagi kita. Matematika sudah sangat familiar sekali, sejak kita kecil. Apalagi di dunia pendidikan formal. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari ketika SD sampai SMA, bahkan sampai di perguruan tingg. Mata pelajaran yang satu ini pula, menjadi salah satu mata pelajaran yang diuji nasionalkan, dan juga sebagai salah satu tes masuk perguruan tinggi bahkan tes CPNS.

Hampir semua pelajaran memiliki metode pembelajaran dengan hapalan. Lain halnya dengan matematika meskipun kamu sudah hapal rumus-rumusnya diluar kepala, belum tentu penerapannya berjalan mulus.

Setiap hari kita mungkin sudah latihan menggunakan berbagai jenis rumus, namun ketika ujian tiba, bakal tidak menemui soal yang sama. Rumus boleh sama, tapi soalnya beda. Itulah istimewanya matematika.

Aturan main pelajaran matematika sangat mudah, yaitu pahami konsep soal dengan penjelasannya. Jika sudah paham otomatis rumus yang dipakai untuk pemecahan masalah, kita akan tahu.

Bahkan kalau sudah paham matematika, kalian akan menemukan rumus baru yang lebih cepat, tentunya dengan sering latihan soal.

Ketika kita berpikir matematika itu sulit sedangkan pelajaran lain mudah, bukan berarti kita meninggalkan matematika begitu saja. Pahami walau sedikit, karena matematika itu akan berguna.

Masih ada pertanyaan sebegitu pentingkah matematika? Jawabannya sederhana. Di dunia ini setiap orang butuh matematika. Angka dan berhitung merupakan bagian dari ilmu matematika. Kita tidak akan bisa terlepas dari matematika sekarang atau nanti, karena di kehidupan ini kita pasti akan menghitung.

Penulis : Euis Kesumahandayani, S. Pd (Guru SMP ITUS)