ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita HIKMAH CORONA DAN PANDANGAN ISLAM TENTANG KEBERSIHAN
Hikmah Corona Dan Pandangan Islam Tentang Kebersihan

Islam memberikan tuntunan dan petunjuk atas setiap kejadian, penyakit atau wabah termasuk virus corona. Oleh karena itu, mari kita jadikan musibah pandemi virus corona ini sebagai ibrah atau pelajaran bagi kita semua. Kita yakin bahwa dalam setiap kejadian dan peristiwa pasti ada hikmahnya. Setiap musibah pasti ada pelajaran yang bisa dipetik darinya.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Imran yang artinnya: “Ya Tuhan kami, kami bersaksi bahwa tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia (melainkan mempunyai hikmah dan tujuan di balik ciptaan itu semua)” (QS Al-Imran: 191).

Dari virus corona kita diingatkan akan kelemahan kita sebagai makhluk Allah. Sebagai makhluk yang lemah yang memiliki banyak keterbatasan. Tidak selayaknya kita menyombongkan diri sendiri sehingga lupa akan kebesaran Allah SWT. Hanya karena makhluk yang sangat kecil banyak orang dibuat tak berdaya, jatuh sakit dan banyak korban meninggal dunia. Hanya Allah yang Maha Kuasa dan tidak terkalahkan. Sedangkan kita adalah makhluk-makhluk lemah yang senantiasa membutuhkan Allah dalam setiap hembusan nafas kita.

Virus corona mengingatkan kepada kita untuk selalu menjaga kesucian dan kebersihan. Penelitian membuktikan bahwa menjaga kebersihan adalah salah satu tindakan preventif yang efektif untuk menangkal berbagai virus, kuman dan bakteri yang membahayakan tubuh kita. Islam menganjurkan kita untuk hidup bersih dan suci melalui wudhu yang wajib maupun wudhu sunnah, mandi wajib dan sunnah, menyucikan benda yang terkena najis dan lain sebagainya. Rasulullah SAW  bersabda : “Sesungguhnya Allah Maha Suci dari segala kekurangan, dan mencintai kebersihan (badan dan pakaian)” (HR At-Tirmidzi).

Perlu kita sadari bahwa banyak hikmah yang bisa kita petik bersama dari setiap kepatuhan terhadap perintah dan larangan yang Allah berikan. Di antara contoh kepatuhan pada Allah adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan dan menjauhi perilaku hidup kotor dan tidak sehat. Begitu pentingnya perilaku ini, karena Allah sangat cinta kepada hamba-Nya yang suci dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 222 : “Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” 

Mari kita belajar dari adanya virus corona untuk lebih disiplin dalam hal kebersihan. Dalam islam kita diajarkan agar selalu menjaga kebersihan dan kesucian, sehingga kita dapat  terhindar dari penyakit-penyakit yang menular.

Penulis : Jajang Nurjaman, S.Pd  (Wali Asrama ITUS)