Home / News / Hari Sumpah Pemuda Ke-88, Semangat Cinta Tanah Air

Hari Sumpah Pemuda Ke-88, Semangat Cinta Tanah Air

137144123179_n

ITUS Juara 28 Oktober menjadi perisiwa paling bersejarah bagi segenap  rakyat Indonesia, tanggal 28 oktober 1928 menjadi momentum bukti nyata lahirnya bangsa Indonesia.  Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

“Satu Tanah Air”, “Satu Bangsa” dan “Satu Bahasa” adalah kalimat ikrar yang diucapkan oleh pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia pada momen Sumpah Pemuda di masa lalu.

Pada saat terjadinya, ikrar bersama itu memang belum dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda baru digunakan pasca-kongres selesai.

Dengan adanya peringatan sumpah pemuda ini, tentunya harapan kita semua untuk generasi yang akan datang, generasi muda Indonesia dan khususnya siswa – siswi SMP & SMA ITUS Kuningan dapat menjadi teladan generasi muda lainnya, apalagi dengan adanya rencana Literasi Bahasa (Perpustakaan Terbuka) di SMP & SMA ITUS, dapat memancing minat baca sehingga menjadikan wawasan kita semua menjadi luas dan tentunya dapat membentuk karakter bangsa yang cerdas, yang pada akhirnya  dapat melahirkan generasi muda yang memiliki ide dan gagasan yang bermanfaat dan berpengaruh besar untuk kemajuan bangsa.

Penulis : Tim Web YUS

Editor : Manx & DMS

About admin

Check Also

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

Syukuran Pernikahan Dan Milad Istri Ketua YUS

ITUS Juara – Menjadi hari paling berbahagia bagi keluarga Besar Yayasan Umar Sjarifuddin (YUS) khususnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *