ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita FAEDAH TARBIYAH ISLAMIYAH UNTUK ANAK
Faedah Tarbiyah Islamiyah Untuk Anak

Kondisi zaman yang semakin maju dan berkembang pesat secara global, akan sangat berdampak pada perubahan segala aspek, salah satunya perilaku anak. Selain dipengaruhi perkembangan zaman, perubahan perilaku anak juga dipengaruhi oleh faktor pergaulan serta lingkungan.

Untuk menjaga anak agar tidak terjerumus terhadap pergaulan negatif, salah satu solusinya yaitu orang tua bisa menyekolahkan anaknya pada sekolah yang berbasis Islam. Karena hanya dengan Tarbiyah Islamiyah (Pendidikan Islam), si anak memiliki bekal fondasi agama yang kuat dan baik, untuk menghadapi tantangan di zaman global ini.

Tarbiyah Islamiyah memiliki faedah yang sangat besar. Karena tiada lain adalah realisasi dari perintah-perintah Allah dan salah satu bentuk ibadah kepada-Nya.

Berikut ini adalah beberapa faedah atau manfaat melaksanakan Tarbiyah Islamiyah :

1. Mewujudkan Ketaatan Kepada Allah

Allah menciptakan manusia tentu saja tidak dengan sia-sia. Bahkan Allah menciptakan manusia dengan tugas yang mulia yang akan menghantarkan manusia kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (QS. Adz-Dzariyat : 56)

Dan termasuk bentuk ibadah dan pengabdian kepada Allah adalah perjuangan seseorang untuk taat kepada Allah, menaklukan dirinya untuk tunduk kepada perintah Allah dan menahan jiwanya untuk tidak melakukan apa yang dilarang Allah.

2. Ketenangan Jiwa

Tarbiyah Islamiyah akan memberikan faedah yang sangat besar bagi ketenangan jiwa. Karena tarbiyah ini akan membimbing manusia kepada akidah Islam yang

Tarbiyah Islamiyah akan memberikan faedah yang sangat besar bagi ketenangan jiwa. Karena tarbiyah ini akan membimbing manusia kepada akidah Islam yang benar. Akidah yang akan mewujudkan ketenangan bagi jiwa manusia. Dan ketenangan ini adalah ketenangan hakiki yang tidak mungkin terwujud kecuali dengan penerapan akidah yang benar.

boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu mencintai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mngetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216).

Maka keimanannya ini akan membawanya bersikap pasrah dan ridha kepada ketetapan Allah. Dan inilah sumber ketenangan itu.

3. Penghormatan dan Kecintaan Maryarakat

Pendidikan Islamiyah ini akan menyebabkan masyarakat menaruh hormat dan kecintaanya kepada orang orang yang telah berhasil dengan pendidikan Islamiyahnya. Bagaimana tidak, pendidikan ini membimbing seseorang untuk menghidupkan hatinya dengan menaati Allah dan menaladani Rasulullah. Maka dia akan berada pada akhlaq-akhlaq mulia dan menjauh serta membenci akhlaq-akhlaq yang buruk. Jika demikian tentulah masyarakat akan menaruh hormat dan cinta kepadanya.

Rasulullah SAW bersabda : “ Jika Allah mencintai seorang hamba, Dia akan menyeru kepada Jibril, “Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah ia. “ Maka para pnduduk langit pun akan mencintainya kemudian diletakkanlah penerimaan baginya dimuka bumi.” (Muttafaq’alaih).

Demikian beberapa faedah Tarbiyah Islamiyah. SMP dan SMA ITUS (Islam Terpadu Umar Sjarifuddin) adalah salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat yang menerapkan Tarbiyah Islamiyah dan siap mendidik putra-putri anda.

Penulis : Diding Juanda, SE (Kepala Asrama ITUS Kuningan)