ITUS

SMP - SMA
Islam Terpadu Umar Sjarifuddin
Jl. Pajajaran No. 1A Peusing Jalaksana Kuningan- Jawa Barat
Tlp./Fax. (0232) 8617661

Sekolah Para Juara

Home berita BERSIKAP TABAH DALAM MENGHADAPI MUSIBAH
Bersikap Tabah Dalam Menghadapi Musibah

Di masa wabah seperti ini butuh kelapangan dada yang tiada terkira. Terutama dengan keadaan yang kita hadapi dan rasakan. Kegelisahan dan tanda tanya setiap hari ada pada diri kita. Sampai kapan musibah ini berakhir ? Apakah kita mampu bertahan di zaman yang serba sulit ? Dari mana kita akan dapatkan rezeki dengan mudah ?

Kita bersyukur masih dikaruniai iman sehingga masih menjadi hamba yang senantiasa bertaqwa. Dalam kondisi yang makin tidak menentu, tak ada sandaran yang lebih baik kecuali hanya Allah.

Ada beberapa hal bisa menjadi pelipur lara kala bersua dengan bencana :

1. Serahkan Sepenuhnya Kepada Allah

Dia pemilik segala ketetapan. Tak ada satu pun peristiwa tanpa sepengetahuan-Nya. Sehingga kita tak perlu risau, karena telah disiapkan hikmah kebaikan setelahnya. Allah yang menciptkan wabah ini dan Allah akan menyelesaikan dengan cara-Nya.

2. Butuh Sabar Dalam Menghadapi Semua Permasalahan

Walaupun air mata tak mungkin untuk dihentikan alirannya. Namun, sabar mengajarkan tentang penerimaan segala kejadian dengan hati yang rela. Seperti halnya musibah yang saat ini datang yakni pandemi covid-19. Kesabaran kita diuji, sabar tidak bertemu teman seperjuangan, sabar tidak bekerja seperti biasanya, sabar untuk lebih banyak di rumah dan sabar dalam banyak hal. Bahkan menunggu waktu semua musibah ini usai pun butuh kesabaran yang terus dan di up grade.

3. Bersyukur Atas Yang Ada

Kita ingat masih banyak orang yang keadaannya lebih susah dari pada kita. Apalagi kita bukan korban meskipun terdampak. Celah ini yang harus kita pikirkan ketika musibah datang. Alhamdulillah kita masih hidup, sehat apalagi dalam keadaan iman yang semakin genap. Bila ini kita lalukan jangan khawatir Allah akan memberikan tambahan karunia dari arah yang tak disangka.